Tips Cara Merawat Baterai Laptop Biar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Praktis Rusak Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Praktis Rusak


Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Praktis Rusak | Dari sahabat niscaya pernah yang ngalamin Baterai Laptop yang rusak, dan mungkin tidak jarang juga terjadi kenge-drop-an baterai hehe... Oleh alasannya yakni itu kita perlu merawat baterai laptop kita biar tetap abadi hingga janjkematian sahabat hehe.


Tidak sedikit pula mungkin dari sahabat yang baterai laptopnya nge-drop terus beli baterai lagi. Memang tidak terlalu berefek, namun kalau baterai sahabat hingga ngedrop 3 kali gara - gara tidak merawat baterai sahabat ? niscaya keluar banyak biaya juga kan.

OK eksklusif kita ke topik pembahasan, sebelum itu sahabat perlu tau Apa sih yang menjadikan baterai sahabat tidak abadi dan simpel ngedrop  ?

Berikut penyebab baterai cepat rusak :


  1. Penggunaan Laptop yang berlebihan

Inilah faktor utama penyebab rusaknya baterai sobat. Idealnya penggunan laptop itu selama 2-3 jam per hari, Namun mungkin sahabat tidak jarang juga menggunakan laptop selama lebih dari 5 jam, apalagi kalo sudah nge-game udah lupa waktu, lupa mandi, lupa segalanya dah hehe. Lebih baik 2-3 jam kemudian di matikan untuk break 1 jam an, terus gres dah sahabat dapat laptopan kembali.

Makara pada dasarnya boleh lah kita menyalakan laptop mungkin lebih dari 3 jam, namun di antara sela 3 jam tersebut alangkah baiknya sahabat kasih jeda untuk laptop sahabat beristirahat minimal 1 jam.


     2. Menggunakan Laptop Sambil Mencharger 


Memangsih faktor yang satu ini mungkin tidak sedikit yang kontra, alasannya yakni faktanya ada beberapa laptop yang masih kondusif meski menghiduplan laptop sambil di charger, alasannya yakni jikalau baterai laptop penuh maka laptop tersebut akan otomatis meneruskan daya listrik yang tersambung eksklusif ke laptop tanpa harus melalui proses ke baterai. Namun untuk pencegahan sebaiknya sahabat jangan laptop an sambil nge charger.

Apalagi kalo nge game, niscaya banyak yang beranggapan " Kalo tidak di charger nanti malah lemot " memang benar sih, dan aku sendiri juga beranggapan menyerupai itu. Namun alangkah baiknya jikalau sahabat mencabut baterainya, dan menghubungkannya eksklusif ke listrik untuk mengurangi resiko kerusakan baterai.

   3. Meletakan laptop pada ganjal yang tidak stabil atau empuk


Seperti di kasur, ada anggapan " sambil tidur mending main laptop dulu lah, kan juga nggak terlalu usang " namun apa sahabat tidak sadar, bahwa tekstur ganjal yang tidak stabil, empuk dapat memicu susahnya sirkulasi keluarnya panas dari dalam laptop alasannya yakni terhambat dari tekstur empuk tadi menutup ventilasi keluarnya udara panas dari laptop.



Setelah sahabat mengetahui penyebab rusaknya baterai,  berikut ini ada tips dari aku untuk sahabat biar baterai laptop sahabat semakin terawat.



Tips Merawat Baterai yang benar :


  • Bagi laptop baru, baterai tentunya sedang dalam keadaan kosong, karnanya sahabat harus men charger dulu laptop sobat. Meski sudah terhubung listrik tapi sahabat belum dapat menggunakan laptop gres sobat, tunggulah laptop tercharger hingga penuh sekira 4-8 jam untuk laptop baru.

  • Matikan Bluetooth, Wifi, atau sistem wireless laptop sahabat jikalau tidak sedang diperlukan, alasannya yakni dengan mematikan sistem wireless laptop sahabat maka baterai tidak perlu menambah daya untuk mendapatkan dan mengirim data dari jaringan nirkabel tersebut.

  • Kurangi kecerahan layar, alasannya yakni semakin cerah layar laptop sahabat maka akan semakin banyak juga daya yang digunakan.

  • Jangan menggunakan screen saver, alasannya yakni disamping penggunaan daya yang tiada henti namun juga kartu grafis laptop sahabat juga akan terus aktif selama screen saver berjalan, itulah yang menjadikan pemakaian daya baterai berlangsung terus tanpa henti.

  • Lepas perangkat eksternal menyerupai Flashdisk, HDD eksternal, modem, dll dari laptop sobat, alasannya yakni semua perangkat itu tentunya akan memakan daya listrik dari baterai.

  • Jika ingin mendengarkan musik sebaiknya sahabat menggunakan headset / earphone, karna jikalau menggunakan speaker laptop akan memakan banyak daya dan kedengarannya juga kurang maksimal.

  • Periksa proses kegiatan yang berjalan, jikalau ada kegiatan yang tidak sedang diperlukan, sebaiknya sahabat hentikan saja, alasannya yakni proses dari kegiatan tersebut memakan daya memory virtual yang juga menghabiskan banyak daya listrik




Ada tips lagi nih dari aku untuk mencegah flashdisk terkena virus ikuti langkah langkahnya di sini ya Cara Mencegah Flashdisk Terkena Virus. Nah, itu tadi tips dari saya, semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian. Selamat Mencoba Tips Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Praktis Rusak

0 Response to "Tips Cara Merawat Baterai Laptop Biar Tidak Mudah Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel