Backup Rom Android

Update:
Ini berlaku untuk SoC 32bit dan tidak berlaku untuk SoC 64bit, Untuk versi 64bit tetap masih dapat backup via Sp-FlashTool namun yang dihasilkan yaitu Userarea dan tidak dapat di pecah pakai MTK DroidTol, namun anda dapat melaksanakan backup untuk Android SoC 64bit memakai Tool2 yang sudah tersebar.

Banyak yang membahas cara backup Rom android chipset MTK tanpa root memakai Sp FlashTool Tapi berdasarkan saya mereka membahasnya kurang, atau tidak detail, kenapa dapat bilang tidak detail? Karena pas saya praktekan cara nya tidak berhasil, mungking alasannya yaitu mereka lupa atau mungkin cuma hasil baca alias belum pernah praktek jadi masuk akal tidak tahu letak kesalahannya dimana, terus yang benar bagaimana caranya? Semua juga benar, cuma ada satu yang tidak di sebutkan, yang tidak disebutkan itulah yang menciptakan proses backup jadi gagal atau tidak bekerja.

Mungkin anda pernah mengalami backup rom android mulai dari bikin scatter memakai MTK Droid Tool, terus ReadBack memakai Sp FlashTool dan RedBack Hanya sebentar otomatis hasil ReadBack hanya 4-5MB, dan dibentuk file flashtool pun hanya menghasilkan sceater saja, Sedangkan untuk hasil ReadBack yang tepat minimal 1GB lebih, Terus dimana letak kesalahannya???
Oke disini saya tidak menyediakan bahan-bahan nya, tapi saya hanya ingin membahasnya saja alasannya yaitu bahan-bahan banyak yang menyediakan.

Driver

Mungkin ini yaitu hal wajib untuk proses flash ataupun backup, alasannya yaitu tanpa driver dijamin tidak akan berhasil, alasannya yaitu driver yang nenghubungkan tansper data antara hp dengan PC, Untuk cara instalnya dapat dengan cara klik kanan kemudian pilih install, jika ada peringatan klik yes install, atau dapat dengan cara masuk ke devices Manager dan update driver.

MTK droid tool


Software ini mempunyai kegunaan untuk menciptakan scatter dan menyebabkan hasil readbak menjadi file flash tool,
Untuk cara penggunaannya Pertama setting usb debugging di hp anda dengan cara masuk ke pengaturan>> developer (opsi pengembang)>> ON'kan opsi pengembang dan centang usb debugging, jika gak ada pilihan opsi pengembang coba masuk ke pengaturan>> about dan klik versi kernel beberapa kali hingga muncul pemberitahuan "anda yaitu seorang pengembang", kemudian back, kini niscaya ada sajian opsi pengembang. Kalau usb debugging sudah aktif kini buka MTK droid tool dengan cara run as administrator, kemudian hubungkan hp ke PC melalui port usb, tunggu hingga informasi hp terbaca jika sudah terbaca pilih blocks map, dan create scatter file.

Sp flash tool


Sekarang kita coba readback rom android anda memakai sp flash tool, usahakan memakai sp flash tool terbaru, untuk cara readback nya pertama buka sp flash tool anda jangan lupa run as administrator, lod scatter dan pilih scatter yang tadi sudah dibuat, biasanya di folder MTK Droid tool. Penting...!!! Disinilah biasanya letak terjadinya kegagalan dikala readback, sesudah memasukan scattet coba tulis instruksi pada barisan terakhir memakai notepad, code ini yang akan di masukan dikala readback.

FlashTool namun yang dihasilkan yaitu Userarea dan tidak dapat di pecah pakai MTK DroidTol Backup ROM Android


Kalau sudah di tulis lanjut ke kolom readback dan klik add kemudian doble klik hasil add dan simpan dengan nama awalan rom, rujukan ROM_S5E semoga gampang di ingat, dan klik save, Nanti akan muncul kolom ReadBack Kolom Start Address, Di kolom start address akan menemui Kode "0x0000000000000000", biarkan saja sesuai aslinya, alasannya yaitu itu menunjukan mulai dari angka NOL, nah di kolom Length anda akan menemukan Kode "0x00001000" dan ganti dengan Kode yang sudak ditulis di notepad, Kalau instruksi yang di notepad "0x000000004db40000" maka hapus angka "0" sesudah "x" Contoh: "0x000000004db40000" menjadi "0x4db40000" dan masukan instruksi itu ke kolom Length.
Selanjutnya start readback dengan klik Readback dengan gambar panah bengkok, dan sambungkan hp ke PC dan tunggu hingga readback selesai, biasanya memakan waktu agak lama.

Kalau sudah selesai cabut hp Dari pc, close aja sp flash tool nya, hidupkan hp kemudian buka kembali MTK Droid tool, sambungkan hp ke PC dan masuk ke kolom "Root, Backup, Rrcovery" Dan klik "To Process file ROM_From Flash Tool dan arahkan ke file hasil Readback yang tadi sudah dibuat.

Biar terang lihat video:


0 Response to "Backup Rom Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel