Tips Menentukan / Membeli Android

Seiring dengan perkembangan teknologi, gadget yang tersedia kian beraneka rama dan terus berkembang dengan pesat ketika ini, tidak terkecuali android. Berbagai macam alasan anda tujukan ketika anda menentukan smartphone dengan OS android. Pada artikel tips droid ini saya akan membuatkan kepada anda wacana panduan menentukan android.

Pertimbangan menentukan android branded maupun lokal:


1. Cari Hp Android yang Punya Customer Servicenya dan Juga Garansi.
Ini merupakan point pertama yang perlu kita perhatikan ketika menentukan baik untuk hp android yang murah maupun yang mahal. Pilihlah Hp Android yang mempunyai Customer Servicenya, lebih baik kalau mempunyai garansi resmi, ini untuk menjaga kalau contohnya nanti ada problem atau kerusakan dengan Hp Android Anda.

2. Perhatikan Spesifikasi atau Fitur Hp Android dan Harga.
Spesifikasi/fitur juga sangat penting untuk diperhatikan sehingga kita bisa menentukan hp android yang sesuai dengan kebutuhan dan juga pas dengan dana kita, contohnya fitur-fitur yang seringkali Anda gunakan ibarat saluran 3G, Wi-Fi, kamera, radio, dan sejumlah fitur multimedia lain. Tidak semua hp Android yang spesifikasinya tidak mengecewakan itu harganya mahal, ada juga hp android yang termasuk dalam harga murah tapi spesifikasi sudah tidak mengecewakan tangguh. 
Sebagai pembeda, vendor biasa menambahkan fitur menarik pada perangkat androidnya.Sesuaikan fitur yang disediakan dengan kebutuhan anda,semisal anda membeli untuk kebutuhan bisnis,maka carilah fitur yang mendukung aplikasi untuk berbisnis.
3. Jaringan Telepon 
Sebelum membeli handphone Android, ada baiknya dipastikan dulu jaringan teleponnya ingin membeli handphone Android CDMA atau GSM. Selain itu, apakah handphone Android telah mendukung koneksi 3G atau belum. Jika anda membaca pada spesifikasi bahwa handphone sanggup berjalan di jaringan WCDMA, maka sanggup dipastikan bahwa handphone tersebut bukan handphone CDMA, melainkan handphone GSM yang telah mendukung koneksi 3G. Untuk mengenal lebih jauh wacana GSM dan CDMA, anda sanggup membaca pada artikel tips droid di sini
Perlu anda perhatikan juga apakah android anda terkunci untuk satu operator atau tidak terkunci, hal ini kuat ketika anda hendak mengganti dengan operator yang lain. Begitu juga apakah android anda mendukung adanya SIM/UIM card atau dengan system INJECT.
4. Pilih Versi OS Android yang Terbaru
Pilih HH Android yang mempunyai OS Android Versi terbaru. Apabila ternyata dana Anda terbatas dan terpaksanya gres bisa membeli HH Android yang versinya masih Android 2.1, pilihlah HH Android yang memungkinkan untuk bisa diupgrade. Versi terbaru akan memperlihatkan kinerja yang lebih bagus, begitu juga fitur yang disediakan juga semakin mantap.

5. Spesifikasi Perangkat
Spesifikasi yang menghipnotis kinerja atau performa ponsel: 
>>> Processor
Processor merupakan otak dari ponsel. Semakin cepat processor yang digunakan, maka semakin responsif dan cepat ponsel anda dalam menjalankan aplikasi-aplikasi Android. Processor yang digunakan pada ponsel Android low end atau entry level umumnya berkecepatan 600 MHz. Untuk Android mid end atau kelas menengah berkecepatan 800 MHz, dan untuk ponsel high end berkecepatan 1 GHz keatas.Bahkan ada yang dual core hingga quad core untuk ketika ini.

Namun bila ada dana lebih, disarankan membeli ponsel dengan processor minimal 800 MHz, sebab aplikasi-aplikasi atau game yang akan tiba pada umumnya menuntut spesifikasi yang lebih tinggi dibanding aplikasi atau game yang beredar ketika ini.

>>>GPU (Graphic Processing Unit)
GPU merupakan komponen yang berfungsi untuk mengolah gambar atau grafik. Handphone Android yang memakai atau mempunyai GPU sanggup menjalankan aplikasi yang banyak memakai tampilan visual atau game 3D jauh lebih baik dibanding ponsel yang tidak mempunyai GPU. Bahkan pada umumnya, HP Android yang tidak mempunyai GPU tidak sanggup menjalankan game 3D, bila sanggup berjalan pun akan sangat lambat.

GPU yang paling banyak digunakan untuk handphone low end dan mid end yaitu tipe Adreno 200 atau PowerVR SGX 530. Untuk handphone high end biasanya memakai GPU Adreno 205, PowerVR SGX 540 atau NVIDIA GeForce (NVIDIA Tegra). 

Untuk GPU yang digunakan pada sebuah ponsel tidak selalu dituliskan pada informasi spesifikasi, oleh sebab itu terkadang anda harus menanyakannya terlebih dahulu kepada pengguna yang telah mempunyai handphone Android atau melalui situs di internet yang menyediakan informasi wacana HH android anda baik yang resmi dari vendor maupun yang unofficial, selain itu juga bisa melalui lembaga komunitas pengguna Android yang ingin anda beli dan penjual HH android anda.

>>>RAM (Random Access Memory)
Kapasitas RAM bekerjasama dengan performa handphone Android. Semakin besar RAM yang digunakan, maka akan semakin baik pula performa dari sebuah handphone, khususnya ketika melaksanakan multi tasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Kapasitas RAM yang umumnya digunakan yaitu 128 MB, 256 MB, 512 MB ,1 GB dan 2 GB. Handphone yang memakai RAM sebesar 256 MB pada umumnya agak sedikit lambat bila digunakan untuk multi tasking , oleh sebab itu, saya sarankan membeli ponsel Android yang mempunyai kapasitas RAM minimal 512 MB.

Anda harus cukup jeli ketika membaca spesifikasi kapasitas RAM dari sebuah handphone Android. Beberapa produsen menuliskan kapasitas RAM dalam satuan Gb (giga bit) perhatikan abjad b kecil yang digunakan. 1 b (bit) = 1/8 B (byte) jadi ketika anda membaca spesifikasi sebuah handphone Android mempunyai kapasitas RAM sebesar 1 Gb (1024 Mb), maka kapasitas RAM yang bersama-sama yaitu 1024 : 8 = kurang lebih sebesar 128 MB (Megabyte).

Spesifikasi yang mempunyai nilai tambah: 
>>> Layar
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai layar handphone Android, yaitu:

<>Jumlah Pixel
Jumlah pixel layar yang umum digunakan pada HP Android yaitu 240x320, 320x480, 480x800 ataupun ukuran pixel yang lainnya. Semakin besar jumlah pixel yang digunakan, maka semakin halus gambar yang tertampil pada layar.

Biasa jumlah pixel inilah yang sering kita kenal dengan adanya QVGA,HVGA atau istilah lain.

<>Ukuran Layar
Semakin besar ukuran layar, maka akan semakin nyaman untuk digunakan dan juga semakin gampang untuk memakai papan ketik ( keyboard ) virtual. Namun semakin besar layar, maka semakin lebar atau tinggi juga ukuran handphone-nya. Layar yang terlalu besar akan sedikit menyulitkan bila harus di tempatkan dalam kantong, jadi sesuaikan dengan kebutuhan.

Yang perlu saya tekankan ada ukuran layar atau dimensi layar bukanlah dari panjang atau lebar, kalau anda mendengar ukuran dengan satuan inch maka ukuran tersebut diambil dari diagonal ibarat layaknya pengukuran pada monitor atau TV

Sebagai referensi tablet dengan ukuran 7" maka diagonal tablet tersebut sepanjang 7"

<>Jenis layar
Jenis layar yang digunakan pada umumnya dibagi jadi dua tipe yaitu resistive dan capacitive. Layar capacitive sensitif terhadap sentuhan jari (kulit), sedangkan layar resistive kurang sensitif terhadap sentuhan jari, jadi pengguna harus melaksanakan sedikit pengutamaan pada layar untuk mengoperasikan layar jenis resistive.

Jika layar kapasitif hanya sanggup merespon sentuhan kulit jari, lain halnya dengan layar resistif yang sanggup merespon sentuhan dari media lain, contohnya kuku, pen stylus atau benda lainnya.

<>Material layar
Dalam artian bukanlah materi dasar melainkan teknologi yang dipakai

AMOLED: Layar yang berteknologi AMOLED tidak bukanlah menjelaskan bahwa layar ini berjenis capacitive atau resistive, namun handphone yang memakai layar berteknologi AMOLED akan menampilkan warna dan kecerahan yang lebih baik dibanding layar biasa, baik di dalam maupun di luar ruang. Layar AMOLED biasanya digunakan pada handphone Android high end atau kelas atas.

Gorilla Glass: Layar yang telah memakai teknologi Gorilla Glass akan lebih tahan tabrakan dan juga lebih tahan pecah.

Multi touch: Adalah kemampuan layar untuk mendeteksi minimal dua titik sentuhan secara bersamaan. Bila layar mendukung multi touch, maka anda sanggup menyentuh dua tombol sekaligus, jadi contohnya ketika bermain game perang, ketika jari jempol kiri mengarahkan senjata, pada ketika yang bersamaan jempol kanan menekan layar untuk menembakkan senjata. Bila layar tidak mendukung multitouch, ketika salah satu jari masih menyentuh layar, maka layar tidak akan merespon sentuhan jari yang lain, dalam referensi ini pengguna tidak sanggup mengarahkan dan menembakkan senjata dalam waktu bersamaan, jadi harus diarahkan dulu gres menembak. Handphone yang tidak mendukung multi touch tentu saja kurang nyaman digunakan untuk bermain game.

>>>Kamera
Beberapa fitur yang perlu diperhatikan di sektor kamera:

--Resolusi foto yang dihasilkan
Resolusi foto yang dihasilkan biasa ditulis dalam besaran megapixel (MP). Walaupun tidak menjamin, namun pada umumnya semakin besar resolusi foto yang bisa dihasilkan, maka hasil fotonya akan semakin baik.

--Auto Focus
Bila kamera handphone Android mempunyai fitur auto focus, maka kamera sanggup secara otomatis menyesuaikan fokus sesuai dengan jarak objek yang hendak di foto. Beberapa pengguna ada yang menyebutnya fitur zoom otomatis. Kelebihan kamera auto focus dibanding kamera fixed focus (fokus tetap) lebih terasa ketika pengguna mengambil foto dalam jarak bersahabat (dibawah 30 cm). Kamera fixed focus ketika digunakan untuk mengambil foto dalam jarak dekat, akibatnya akan sedikit buram atau tidak fokus. Namun ketika pengambilan foto jarak jauh, antara handphone Android yang mempunyai fitur auto fokus maupun fixed fokus, keduanya tidak terlalu memperlihatkan perbedaan yang berarti.

--Lampu Flash
Bila anda sering mengambil foto di malam hari, maka lebih baik menentukan handphone Android yang fitur kamera-nya telah dilengkapi dengan lampu flash.

--Tombol Kamera
Keberadaan tombol khusus kamera akan memudahkan pengguna ketika hendak mengambil foto, khususnya ketika mengambil foto diri sendiri.

--Kamera Depan
Bagi anda yang gemar melaksanakan video call, sebaiknya mencari handphone yang mempunyai kamera depan. Sebagai informasi, dominan handphone Android kelas menengah kebawah (harga dibawah Rp. 2 juta) tidak mempunyai kamera depan. Bila anda melihat pada penggalan depan gambar handphone Android yang ingin dibeli ada bulatan kecil ibarat kamera, belum tentu itu yaitu kamera, bisa jadi hanya sensor cahaya dan/atau proximity sensor. Saat ini beberapa android kelas menengah terdapat camera depan, namun sebagian besar camera tersebut hanya bisa digunakan untuk video call via messenger bukan via 3g atau call.

>>>Kapasitas memori internal 
Perhatikan juga kapasitas memori internal dari sebuah handphone Android. Semakin besar semakin baik. Perlu diperhatikan sebab ketika media memori internal kecil dan penuh,maka kinerja android anda akan semakin lambat bahkan hang (berhenti sebab overload)

>>>Keyboard fisik 
Kebanyakan handphone Android yaitu handphone full layar sentuh, namun beberapa diantaranya ada yang mempunyai keyboard fisik. Jika anda tidak terbiasa atau kurang nyaman mengetik goresan pena memakai keyboard virtual, maka sebaiknya menentukan handphone Android yang mempunyai keyboard fisik.

Perhatikan juga keyboard fisik dengan sideslide, kalau anda kurang berhati-hati sebaiknya gunakan yang qwerty, penggunaan sideslide memang tampak lebih baik dalam hal penampilan namun kalau anda kurang berhati-hati maka keyboard fisik ini akan cepat rusak terutama pada penggalan kabel fleksibelnya

>>>Radio FM 
Untuk anda yang hobi mendengarkan radio, pastikan pada handphone Android yang ingin dibeli telah mempunyai fitur ini.

>>>Kapasitas Baterai 
Handphone Android termasuk boros baterai, jadi sebisa mungkin carilah handphone yang mempunyai kapasitas baterai besar. Kapasitas baterai yang umumnya digunakan sebesar 1200 mAh, kalau ada yang lebih besar maka lebih baik.

Kapasitas baterai cukup penting diperhatikan terutama bagi anda yang mempunyai aktifitas bepergian atau mobilitas tinggi, jangan hingga komunikasi anda terputus dikarenakan baterai yang habis.

>>>Fitur lain dan Aplikasi Bawaan 
Pada umumnya handphone Android telah dilengkapi dengan fitur-fitur dan juga fitur dari vendor ibarat yang telah saya jelaskan di atas

Fitur yang biasa tersedia yaitu sebagai berikut:

GPS (Global Positioning System): Berguna untuk mengetahui lokasi anda ketika ini dan juga sebagai pemandu arah memakai santunan satelit

Sensor accelerometer, pengertian: sensor ini berkhasiat untuk mengetahui sudut kemiringan handphone. Fitur ini digunakan untuk auto-rotate layar atau untuk kontrol game. Jika digunakan pada game tertentu, contohnya game balap mobil, pengguna sanggup membelokkan kendaraan beroda empat dengan cara memiringkan handphone. Sensor ini juga terkadang diartikan sebagai sensor gravitasi.

Bluetooth
Untuk yang satu ini saya rasa tidak perlu dijelaskan,karena anda telah mengetahui bagaimana bluetooth bekerja untuk mendukung konektifitas

Wi-Fi
Untuk yang satu ini saya rasa juga tidak perlu dijelaskan,karena anda telah mengetahui bagaimana wifi bekerja untuk mendukung konektifitas

Kompas digital
Sebagaimana layaknya sebuah kompas analog,android juga menyediakan fitur kompas digital

Sensor Cahaya
Berguna untuk mengatur tingkat kecerahan (brightness) layar secara otomatis tergantung kondisi cahaya sekitar.

Proximity sensor, pengertian: sensor ini berkhasiat untuk mengetahui keberadaan objek terdekat tanpa harus menyentuhnya. Misalnya anda ingin melaksanakan panggilan telepon, ketika handphone di dekatkan ke telinga, proximity sensor akan mendeteksi handphone berada bersahabat dengan indera pendengaran dan secara otomatis akan mematikan layar HP sebab tidak diperlukan. Pada beberapa tipe handphone, layar akan menyala kembali ketika handphone di jauhkan dari kuping.

Beberapa sensor yang disematkan pada perangkat sanggup anda baca pada artikel tips droid mengenal android sensor.

Aplikasi, anda tidak perlu terlalu khawatir kalau pada handphone Android yang rencananya dibeli tidak mempunyai aplikasi yang anda inginkan atau butuhkan. Karena anda sanggup dengan gampang mengunduh ( download ) dan menginstall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan melalui Android Market. Namun ada baiknya anda menyidik terlebih dahulu apakah aplikasi yang tersebut ada dan tersedia di Market ataupun di lembaga komunitas android, selain itu anda juga sanggup menciptakan aplikasi untuk android sesuai dengan kreatifitas dan harapan anda
6. Perhatikan Apakah Hp Android yang Anda pilih Termasuk GMS atau ODM
Google mendistibusikan Android melalui dua denah yaitu Model Google Mobile Service (GMS) dan Open Handset Distribution (ODM). Hp yang memakai sistem GMS akan mendapat akomodasi penuh termasuk layanan dari Google dan Android Market, sedangkan yang ODM tidak mendapat hak itu, tidak ada Gmail ataupun pasar online Google Play Store.
7. Perhatikan Bahan dan Form Factor
Perangkat android terdiri dari aneka macam macam design dan bahan,begitu juga form factor atau bentuknya. Umumnya ponsel android mempunyai form factor candybar full touchscreen, namun pilihan lain juga bisa dipilih dengan QWERTY dan SideSlider. 
Bahan juga perlu dipertimbangkan,khususnya anda yang hobi berpetualang,pilihlah dengan materi yang lebih kuat dan tahan percikan air dan debu.
8. Perhatikan Dukungan dari komunitas 
Cari tahu mengenai komunitas atau lembaga pengguna handphone Android yang akan dibeli di internet. Jika ada komunitasnya, maka anda akan gampang bertanya melalui lembaga kepada pengguna lain bila terjadi problem pada HP, selain itu akan mendapat banyak tips dan trik untuk meningkatkan performa telepon, merubah tampilan, dan tips atau trik lainnya. Selain itu kalau komunitasnya besar, maka akan lebih terjamin pengembangan software untuk kedepannya, contohnya update sistem operasi Android.
9. Perhatikan Layanan Purna jual 
Membeli sesuatu tentu saja bukan berarti berpikir untuk menjual lagi,kecuali anda yaitu seorang pedagang. Namun hal ini juga perlu diperhatikan,karena ketika anda ingin meng-upgrade android anda,maka android anda yang usang akan anda jual, bagaimana kalau purna jual android anda yang usang jatuh? Anda berarti harus merogoh tabungan anda lebih dalam lagi untuk meng-upgrade.
10.Belilah perangkat yang original
Perhatikan juga keaslian dari barang yang hendak anda beli, sebab pada ketika ini banyak sekali super copy atau clone dari perangkat android, khususnya pada perangkat high-end, carilah review dan perbandingan antara perangkat yang ori dengan yang clone atau sanggup anda baca juga pada artikel tips menentukan android original.
Catatan:
Perbedaan utama antara tablet atau handphone Android yang mahal dengan yang murah hanyalah kemampuannya untuk menjalankan aplikasi atau game berat, kemudian perbedaan fitur tambahannya ibarat layar, kamera, kualitas speaker, dll.
Dalam memutuskan untuk membeli sebaiknya anda pertimbangkan lagi wacana hal-hal diatas, jangan hingga sesudah anda membeli gres anda menyesalinya

Jika Anda binggung dan ingin berkonsultasi, anda sanggup tanyakan pada akun twitter kami @droidindonesia atau anda sanggup bergabung thread kaskus wacana konsultasi dan tanya jawab seputar android di sini.

0 Response to "Tips Menentukan / Membeli Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel